Menikah Tidaklah Rumit Tapi Keinginan Orang Tua Dan Tradisi Yang Memperumit

Psikosis Nyatanya Dapat Diakibatkan Berbagai Faktor

Di Indonesia ini, ada banyak sekali suku dan budaya. Dan setiap suku memiliki tradisinya masing-masing. Ada yang masih kental banget dengan menerapkan tradisi di kehidupan sehari-hari. Ada juga yang dimana tradisi mereka sudah semakin menghilang, efek karena masuknya juga budaya barat yang bebas. Sehingga sudah tidak terlalu menerapkan tradisi-tradisi dari leluhur. Misalnya saat ada lahiran, ada sunatan, ada yang mau merantau, ada yang mau menikah, ada orang meninggal, biasanya ada acara-acara yang harus dilakukan menurut tradisi dan agama yang dimiliki. Sehingga terlihat cukup rumit. 

Menikah Tidaklah Rumit Tapi Keinginan Orang Tua Dan Tradisi Yang Memperumit

Ada orang yang setuju dan tidak setuju. Ada orang yang setuju untuk tradisi terus dilakukan, tetap diterapkan, tapi ada juga yang merasa ada beberapa tradisi yang sebenarnya tidak harus dilakukan. Ya kembali lagi ke pro kontra. Karena jika masih mengikuti tradisi sekali, maka akan banyak aturan dan larangan. Sehingga kadang-kadang mempersulit orang-orang yang ingin menikah. Misalnya dua orang ini sudah saling sayang, pasangan ini sudah menjalani hubungan yang cukup lama. Dan mereka memutuskan untuk menikah. 

Tapi ternyata saat mau dibawa ke jenjang yang lebih serius, keluarga malah menolak. Karena tidak sesuai dengan kriteria dari tradisi dan agama yang mereka anut. Entah memiliki agama yang berbeda. Atau memiliki ras dan suku yang berbeda. Sehingga bagi mereka itu sangat bertentangan. Sehingga keluarga tidak mengizinkan anaknya untuk menikah. Dan akhirnya banyak orang yang menjadi hilang semangat dan malah malas untuk berpikir untuk menikah. Karena banyak sekali hal yang dibuat rumit. 

Kadang ada juga pasangan yang sudah ingin menikah, orang tua dari kedua belah pihak sudah setujui. Tapi ada keinginan dari orang tua yang sangat banyak entah ingin melakukan acara adat, acara a, acara b. Dan semuanya akhirnya kembali lagi, orang tua yang malah mempersulit. Sehingga pasangan ini yang ingin menikah ini malah menjadi berpikir dua kali untuk menikah. Kalau serumit ini. Kalau memang terlalu banyak penghalang, ya sebaiknya tidak usah. Bukankah ini sangat disayangkan?