Cara Mengatasi Anemia

Banyak Sekali Hal Yang Sering Kita Pikirkan Tapi Sebenarnya Itu Tidak Perlu

Anemia merupakan salah satu penyakit gangguan darah yang biasanya di tandai dengan kurang nya jumlah sel darah merah di dalam tubuh manusia.Itu sebabnya , kondisi tersebut biasanya dinamakan dengan penyakit kurang darah.Kurang darah juga dapat terjadi ketika sel-sel darah merah yang tidak cukup memiliki kandungan hemoglobin.
Hemoglobin merupakan protein kaya zat besi yang dapat memberikan warna merah pada darah.Protein ini bisa membantu sel darah merah untuk membawa oksigen dari paru-paru keseluruh tubuh.Saat tubuh kekurangan asupan zat besi yang terdapat dari makanan, maka hemoglobin akan terganggu.
Jika memiliki anemia, itu tandanya tubuh tidak mendapatkan cukup darah yang mengandung banyak oksigen, yang mengakibatkan menjadi merasa lemah atau cepat lelah.Anda juga mungkin bisa mengalami gejala lain seperti pusing, sesak napas, atau sakit kepala.

Ada beberapa gejala ringan anemia antara lain merasa lelah atau lemah lebih sering dari biasanya, merasa mudah marah, sakit kepala, maupun sulit berkonsentrasi atau berpikir.Tetapi, kondisi ini bisa membuat semakin parah jika tidak kunjung ditangani.Jika sudah semakin memburuk, gejala kekurangan darah yang muncul bisa menjadi lebih berat lagi, seperti kuku jari tangan dan kaki rapuh,merasa pusing saat berdiri, sesak napas, warna kulit pucat, dan warna putih di bagian dalam kelopak mata bawah.
Ada juga faktor-faktor yang akan meningkatkan resiko yang bisa mengalami penyakit anemia, antara lain menstruasi, riwayat keluarga, kehamilan, punya penyakit kronis seperti ginjal, kanker, atau gagal hati.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi anemia :

1.Mengkonsumsi makanan kaya akan vitamin C
Makanan yang mengandung vitamin C sangat di anjurkan untuk di konsumsi, sebab vitamin C bisa membantu tubuh untuk dapat menyerap zat besi dengan lebih baik.Contoh makanan yang mengandung vitamin C antara lain buah kiwi, jeruk, berry, tomat, dan cabai.

2.Mengkonsumsi makanan kaya akan kandungan zat besi
Zat besi adalah komponen utama didalam pembentukan sel darah merah.Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, dengan sendiri nya kondisi anemia dapat dihindari.Bahan makanan yang mengandung zat besi antara lain seperti hati, atam, telur, ikan, daging, sayuran yang berwarna hijau tua, serta kacang-kacangan.Buah bit juga salah satu bagian dari bahan makanan yang sangat di rekomendasikan bagi penderita anemia.

3.Minum suplemen penambah darah
Salah satu cara untuk mengobati anemia yang paling umum adalah dengan konsumsi tablet penambah darah.Anemia bisa sering terjadi karena disebabkan oleh kekurangan zat besi.Itu sebabnya mengapa dokter selalu merekomendasikan suplemen zat besi untuk mengatasi kekurangan darah yang anda alami.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi anemia atau kurang darah.