Belajar Dari Pengalaman Orang Menjadi Salah Satu Pelajaran Penting Dalam Hidup

Belajar Dari Pengalaman Orang Menjadi Salah Satu Pelajaran Penting Dalam Hidup

Pengalaman adalah guru yang paling baik dan bijak. Dan pengalaman itu mahal harganya, sampai tidak bisa digambarkan dengan nominal. Karena semua orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Butuh waktu dan butuh banyak hal untuk bisa mendapatkan pengalaman tersebut. Bahkan ada orang sampai harus membanting tulang, siap terluka, siap tersakiti, siap hancur untuk mendapatkan beberapa pengalaman yang berharga. Sehingga itu kenapa pengalaman adalah guru yang paling baik. 

Belajar Dari Pengalaman Orang Menjadi Salah Satu Pelajaran Penting Dalam Hidup

Jadi selama kalian masih muda, lakukanlah banyak hal. Selagi kalian masih muda, pergilah ke banyak tempat, dan lakukan apa yang ingin kalian lakukan. Karena itu akan menjadi pengalaman kalian. Dan itu akan menjadi bahan pelajaran untuk kalian di masa tua nanti. Itu juga akan menjadi memori dan kenangan yang akan sering kalian ingat saat tua. Tidak hanya dari pengalaman pribadi, tapi berlaku juga dengan pengalaman orang lain. Karena seperti yang kita ketahui. Setiap orang memiliki ceritanya masing-masing. 

Pun dia tumbuh dan kembang di lingkungan yang sama, pun dia ada saudara kembar, banyak hal dilakukan bersama. Tapi mereka masing-masing memiliki ceritanya sendiri-sendiri. Sehingga kita bisa menjadikan pengalaman orang lain sebagai pembelajaran bagi kita juga. Ada beberapa hal yang kita tidak bisa dapatkan, ada beberapa hal yang kita tidak dapat kesempatan untuk menjalaninya. Tapi dengan mendengar pengalaman orang lain, itu sudah bisa membawa kalian berimajinasi dan menempatkan anda di posisi tersebut. 

Sehingga secara tidak langsung kalian juga akan mendapatkan euforia dari orang tersebut. Dan kalian akan ikut larut dalam pengalamannya. Dan itu sangatlah menyenangkan. Dan itu bisa kalian jadikan sebagai sebuah pembelajaran bagi kalian untuk menjadi lebih baik. Tanpa kalian harus ikut mengalaminya, kalian sudah mendapatkan pembelajaran dari itu. Dan itu adalah hal yang sangat luar biasa. Tidak semua orang berkesempatan seperti itu. Tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan dengan mendengar pengalaman orang lain. Jadi saat ada orang membagi pengalamannya pada kalian. Syukuri dan simpan itu baik-baik sebagai pembelajaran kalian.